11 Wisata Klaten dengan Keindahan Alam Memukau

Klaten menjadi daerah yang menyimpan banyak tempat wisata alam. Tak heran jika banyak wisatawan yang memilih Klaten sebagai tujuan liburan.
Lokasi Klaten berbatasan langsung dengan Jogja dan Solo. Yuk, simak berbagai wisata klaten yang menyuguhkan pemandangan indahnya alam.

11 Wisata Klaten dengan Keindahan Alam Memukau
Ingin berwisata di Klaten? Kamu bisa menjelajahi berbagai destinasi alam berikut ini.

1. New Rivermoon
New Rivermoon menyuguhkan pemandangan tepi sungai yang begitu sejuk. Wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga untuk menikmati keindahan sungai, kegiatan outbond, dan makan di resto.

Ada pula river tubing, camping ground, dan fun games lainnya. River tubing adalah kegiatan mirip arung jeram di sungai, namun dengan perahu karet yang diisi satu orang.

Harga tiket:
Fun Tubing: Rp 25.000/pack dengan jarak 500 m dan 2 kali repetisi.

River tubing: Rp 45.000 dengan jarak 2 km.

Dikutip dari laman Instagramnya, peserta akan memperoleh tambahan snack dan air mineral.

Jam operasional:
Resto: pukul 10.00-18.00 WIB

Tubing: pukul 08.00-16.00 WIB.

Lokasi: Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

2. Bukit Cinta
Kamu yang ingin berwisata alam sambil berfoto-foto ria bisa mengunjungi Bukit Cinta. Destinasi ini terkenal dengan spot instagramable dan area persawahan yang hijau.

Mengutip laman Pemkab Klaten, ketika sampai di puncak, wisatawan bisa menemukan spot foto bertemakan cinta. Mulai dari jembatan, gardu panjang, dermaga cinta, gembok cinta, dan sarang cinta.

Harga tiket: Rp 5.000.
Jam operasional: pukul 06.00 – 17.00 WIB.
Lokasi: Dusun II, Gn. Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

3. Umbul Sigedang
Umbul Sigedang memiliki air jernih dengan suasananya yang begitu asri. Dikutip dari laman Instagramnya, kamu bisa berfoto-foto bersama ikan di bawah air.

Keasriannya disebabkan karena adanya beberapa pohon yang rindang dan menyejukkan. Wisata ini cocok untuk kamu yang mau sekedar healing sejenak dari hiruk pikuk kota.

Harga tiket: Rp 10.000.
Jam operasionalnya: pukul 07.00-17.00 WIB.
Lokasi: Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten.

4. Kalitalang
Melalui Kalitalang, wisatawan bisa melihat keindahan Gunung Merapi tanpa harus mendaki. Jarak ekowisata ini dengan puncak Gunung Merapi hanya 4 km.

Kalitalang dikelilingi tebing-tebing curam yang bawahnya merupakan sungai untuk aliran lahar Gunung Merapi. Perlu diingat, dibutuhkan kewaspadaan ketika menjelajahi

Mengutip laman Wisata Kalitalang, wisatawan juga bisa menginap di glamping yang mewah dan nyaman. Jadi, wisatawan dapat merasakan kenyamanan seperti menginap di hotel sambil menikmati suasana alam yang indah.

Harga tiket: Rp 5.000.
Jam operasional: pukul 07.00-17.00 WIB.
Lokasi: Sambungrejo, Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

5. Umbul Siblarak
Umbul Siblarak mempunyai dua kolam renang alami yang menyejukkan. Selain itu, terdapat pula berbagai wahana lainnya yang menarik.

Wisatawan bisa menaiki Flying Fox atau ATV untuk menjelajahi area sekitar. Suasananya begitu asri, sehingga dapat memanjakan mata.

Harga tiket: Rp 5.000.
Jam operasionalnya: pukul 07.30-17.00 WIB.
Lokasi: Dusun Gondang, Polanharjo, Klaten.

6. Kiringan Riverside
Kiringan Riverside atau biasa disebut Umbul Besuki adalah kolam pemandian alami. Airnya sangat jernih, sehingga wisatawan bisa melihat langsung ke dasar kolam.

Pengunjung bisa menikmati kesejukan di bawah pohon-pohon rindang dan persawahannya. Tersedia juga villa eksklusif yang bisa ditempati bersama keluarga.

Tiket masuk: Rp 4.000.
Jam operasional: pukul 08.00-16.00 WIB.
Lokasi: Kiringan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

7. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok adalah kolam alami yang dijadikan wisata snorkeling. Ukurannya adalah 50×25 meter dengan kedalaman rata-rata.

Hamparannya masih alami, yaitu berupa hamparan pasir yang luas dan bebatuan. Menariknya, terdapat ribuan ikan warna-warni, sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut.

Tiket masuk: Rp 15.000.
Umbul Ponggok menyediakan paket snorkeling dan pelampung seharga Rp 30.000 per orang.

Jam operasional: pukul 06.00-16.00 WIB.
Lokasi: Ponggok, Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

8. Agrowisata Gondang Winangoen
Agrowisata Gondang Winangoen menawarkan wahana dan objek wisata menarik dengan nuansa historis. Di dalamnya terdapat water park, water slide, flying fox, kids zone, jembatan gantung, adventure ara, agro therapy hingga wall climbing.

Suasananya begitu sejuk karena pepohonan dan rumput hijau yang menghiasi tempat wisata ini. Menurut instagram Agrowisata Gondang Winangoen, destinasi ini menjadi salah satu lokasi shooting Film Rudy Habibie

Harga tiket: Rp 5.000.
Jam operasional: pukul 07.00-15.00 WIB.
Lokasi: Jalan Solo-Jogja, Plawikan, Jogonalan, Plawikan, Jogonalan, Kabupaten Klaten.

9. Deles Indah
Panorama alam yang begitu Indah bisa didapatkan di Deles Indah. Secara geografis, destinasi ini berada di atas ketinggian kurang lebih 800-1.300 mdpl. Wisatawan bisa melihat keindahan puncak merapi yang masih mengeluarkan asap belerang.

Wisatawan disarankan untuk datang saat pagi, karena kabut tebal belum menyelimuti keindahan gunung merapi. Selain itu, pemandangan menawan kota Klaten dan sekitarnya juga bisa dinikmati.

Harga tiket: Rp 5.000.
Jam operasionalnya: pukul 06.00-18.00 WIB.
Lokasi: Sidorejo, Kemalang, Jawa Tengah.

10. Bukit Sidoguro
Bukit Sidoguro merupakan area wahana selfie yang menantang. Dari atas, wisatawan bisa melihat hamparan kota Klaten. Perbukitan hijaunya dapat memanjakan mata siapapun yang memandang.

Wisatawan juga bisa menaiki menara pandang. Dari sini, terlihat Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang. Selain itu, ada empat pohon buatan di puncak bukit yang dibangun dengan konsep mirip taman di Singapura.

Harga tiket: Rp 7.500.
Jam operasional: pukul 08.00-21.00 WIB.
Lokasi: Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten

11. Riverboarding di Kali Pusur
Wisatawan bisa melakukan Riverboarding di Sungai Pusur. Alirannya melintasi tiga desa di kecamatan Tulung dan Kecamatan Polanharjo. Jalur sepanjang 10 km ini bisa ditempuh selama tiga jam.

Arus sungainya bervariasi. Mulai dari yang mengalir deras, jeram atau pelan. Arusnya akan bertambah deras apabila debit air meningkat di musim hujan. Namun, jangan khawatir, sebab setiap pengarungan boarding akan didampingi dua orang operator.

Tiket masuk: Rp 150.000.
Jam operasional: pukul 08.00-15.00 WIB.
Lokasi: Desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten.
Informasi wisata Klaten ini dikutip dari media sosial tiap destinasi. Bagi yang ingin berwisata, bisa update kembali informasi untuk mendapatkan berita terkini tiap destinasi.

sumber: https://www.detik.com/jateng/wisata/d-7225743/11-wisata-klaten-dengan-keindahan-alam-memukau.